Home > Uncategorized > Biaya Hidup Balikpapan Rp 3,4 Juta

Biaya Hidup Balikpapan Rp 3,4 Juta

Tertinggi di Kalimantan…. kaget juga waktu baca Kaltimpost, wajarlah dan segini besar, kan balikpapan calon kota metropolitan. berikut berita lengkapnya :

BALIKPAPAN-Kota Balikpapan menempati urutan teratas tingkat kemahalan biaya hidup Regional Kalimantan pada Juni 2008, yaitu Rp 3,4 juta per rumah tangga.

Berdasarkan survey biaya hidup Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan, dengan inflasi sebesar 2,88 persen pada bulan ini, rata-rata biaya hidup yang harus ditanggung oleh rumah tangga Rp 3,4 juta, dengan nilai indeks biaya hidupnya sebesar 1,21.

Menurut Kepala BPS Balikpapan Basiran Suwandi, komoditi penyumbang terbesar biaya hidup yaitu perumahan, air, listrik, gas, dan BBM yang mencapai 26,76 persen. Disusul oleh bahan makanan 22,41 persen, bahan makanan jadi 18,43 persen, transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 17,8 persen.

“Adapula penyumbang lainnya, seperti kebutuhan sandang 5,28 persen, pendidikan dan rekreasi 5,66 persen, dan kesehatan 3,65 persen. Bila dinominalkan, jumlah pengeluaran tertinggi biaya rumah tangga hanya untuk perumahan, air, listrik, gas, dan BBM sekitar Rp 909 ribu,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (21/7) kemarin.

Secara regional, rata-rata biaya hidup di Kalimantan sebesar 2,98 juta atau 5,74 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional (Rp 2,81 juta). Kota-kota dengan biaya hidup lebih tinggi dari rata-rata regional yaitu Balikpapan, Samarinda, dan Pontianak dengan indeks biaya hidup yaitu 1,14; 1,08; dan 1,07. Sementera untuk Sampit, Palangkaraya, dan Banjarmasin lebih rendah dari rata-rata, dengan indeks sebesar 0,95; 0,92; dan 0,84.

Secara nasional, dengan tingkat inflasi kumulatif sebesar 7,37 persen, maka rata-rata tertimbang (jumlah pengeluaran konsumsi rumah tangga : 250 jumlah komoditi) standar biaya hidup pada Juni sebesar Rp 3,21 juta. Sedangkan berdasarkan rata-rata hitung tidak tertimbang yang harus dikeluarkan yaitu Rp 2,81 juta.

“Balikpapan menempati urutan ke-8 secara nasional. Yang pertama yaitu Jakarta (Rp 4,57 juta), Banda Aceh (Rp 4 juta), Jayapura (Rp 3,88 juta), Batam (Rp 3,79 juta), Surabaya (Rp 3,48 juta), Pekanbaru (Rp 3,45 juta), dan Medan (Rp 3,42 juta),” tuturnya.(fir)

About these ads
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: