Tips & Triks Menjadi Mahasiswa

Hore……Hore….Hore…….buat yg mau jadi mahasiswa nih…. ) ) P

Nah ini ada beberapa tip untuk menjadi mahasiswa dan tentunya ini Spesial lagi. Spesial bagi orang yang sederhana, Spesial bagi yang orang tuanya yang tidak begitu Wah,… Spesial bagi orang-orang yang Emput- emputan (bahsa apa ya…ada gak dalam kamus Bahasa manusia….wkwkwkwkw) g penting. Pokoknyo buat orang sedeng-sedeng bae (baso pelembang dikit), ado duit untuk kul bae…. tapi dak katek buat yang laen hehehehe )

Nah ini dio tipnyo:

1. Sebelum beranjak meninggalkan rumah, mau kul maksdunya (apalagi mau Kost di tempat yang jauhhhhh dari rumah) jangan lupa buat siapin berkas-berkas,

· Kartu Keluarga (KK) yang sudah dilegallisir, KTP kita dan photocopyan KTP orang tua, jadiin satu. Sekitar @ 5 rangkap atau lebih, lebih juga tambah Ok. Surat keterangan miskin (yang ni super spesial, yang gak merasa jangan tersinggung), Slip gaji orang tua, Surat keterangan belum menikah dari Kades/kelurahan.

· Semua berkas itu disiapin secepatnya sebelum pergi Ngekost.

2. Setelah berkas sudah siap, dan sudah jadi mahsiswa, nah jangan lupa trik dibawah ini:

· Sering-sering liat pengumuman, dan biasanya baru masuk kuliah sudah ada beasiswa ( liat di pengumuman biasanya ada beasiswa, kost yang murah, dan semua informasi kampus) kalo tidak sering liat bisa-bisa pengumuman di “sobek-sobek” (kata mas tukul arwana) oleh mahasiswa lain.

· Seterusnya liat dan tanyakan dimana letak kantor Tata Usaha (biasanya di dekanat), semua informasi nyangkut dsna, so deket-deket dengan Petugas TU, jangan sampe infonya ketinggalan. Gto…. SecePtnY4…. Urgents

· Ckup sgtu aj Tip Masalah Beasiswa ( kalo yakin dan di lakoni, mudah2 dapat beasiswa selama 4 tahun ( Seperti penulis, kan lumajan Rp. 250rb/Bln ) hehhe )

3. Da kuliah…..

· Cari koneksi kakak tingkat, kalo ada yang menyimpan arsip-arsip laporan praktikum misalnya.

· Buku kuliah, catatan kuliah atau nasehat2 yang tak berguna (misalnya: tentang dosen2 kita maunya gimana, jangan sampe lo ngadep dosen trus lo.. bikin ujan lokal, padahal ntu dosen jagonya bikin ujan lokal, lo bakalan kena marah jadi saingan dia maksdnya ) Ni nasehat emang g bguna Banget.

· Lo kan punya keahlian apalagi da Kuliah, artinya minimal lo da tau ngetik minimal 1 jari kayak ayam makan,…….. nah lo promosiin ke dosen2 lo. Sapa tau dosen lo ntu ada proyek ngetik, entah penelitian, ntah pengujian dlsb. So lo bisa di kenal ama ntu dosen. Akibatnya: Nilai lo dijamin Aminnnn,

· Kenali sifat dosen lo orgnya gmn… jangan sampe lo malah bkin tensi dosen kita naek. So Tanya tuh sama kakak2 tingkat yang bentar lagi MA, biasanya tau persis tuh watak dosen kita.

· Bibir ntu agak di buka dikit, jangan melempem aj maunya. Kalo u mau dket ama orang ya, minimal modal SKSD itu perlu. Tapi jangan menjilat. Lo gak bagus hasilnya ntar.

· Di kuliahan bukan SMA, gak ada namanya rangking2, yang ada “solidarity dalam batas kewajaran” artinya jangan sok-lah, mentang2 agak pinteran dkit jadi pelit bagi2 sama kawan, lo bakalan mati sendiri ntar. (emang mati bedua ya….)

· Arsipkan setiap KHS, KRS, dan Semua yang berbau dengan nilai Anda. Soalnya ada kejadian pas pengumpulan nilai (komulatif ) ada yang tidak termasuk, namun kita da ambil tu mata kuliah. So kalo ada masalah, kita kan ada bukti bisa komplain dong…..minimal di copy setiap nilai yang sdh keluar buat cadangan, sekaligus buat bangga2an dengan Temen Or Ortu di Rumah. )

· Ikuti pola hidup sebelum ngkost. Nah… biasanya kalo anak2 manja (mandi jarang kali ya), anak2 yang biasa tinggal dengan Ortu, pas ngekost sering sakit. Alasan pertama tidak makan pagi. Dan makan sering telat di ganjal dengan Mi instant so, mana ada energi, makanya Om Tifus dan Tante Malaria sering menjangkiti mahasiswa datangan yang belum tau kondisi alam tempat kuliahan, so hati-hati aj, dan bawa P3K buat jaga-jaga. Makan pagi di jaga gtoooooooooo…..kayak ibu sama anak aj. Weleh,weleh…

· Siapkan cemilan dalam kost, sapa tau mau ngetik sambil begadang, kan enjoy ngemil roti ama susu secangkir. Wenak bo…… apalagi kalo rame2, nunggu antrean mesin ketik. …………wwkkkwkwk

Nah…aku dah ngantuk nih, besok rencananya Mo kesiangan, jadi cukup dlu ya,,, tip-tip tak Begune nya ini, Sori kalo dak semasukan, kan hanya belajar nulis…… ( besok nak jalanni kehidupan di Kampus Nun jauh Disana…… Met Jadi Mahasiswa Baru, dan menjadi penerus SBY (sok pulok awak icak-icak bae……wkwkwkwkw).

disadur : http://agusmanggala.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s