ANJING LOE…. GONGGONG…

Kenal kalimat diatas,atau sering dengar, atau jangan2 sering mengucapkan. Kalimat yang sering diucapkan anak2 balikpapan jika sedang kesal, marah, kecewa, depresi, mengalami kegagalan dalam hidup, stres, banyak pikiran, tidak banyak teman, senang menyendiri, hiperaktif, suka menang sendiri (loh kok disebutin semua, ini mah gejala orang stress).

kasar, kalo anda mengucapkan kata2 tersebut di depan orang jogja, ini jogja Bung, kota dengan penduduknya yang ramah dan nilai toleransi yang tinggi, kota yang sangat menghormati teman, tetangga, dan sesama, Kota pelajar yang penuh dengan nilai2 kesopanan antara manusia, jika ketemu dijalan mereka saling menyapa, menanyakan kabar dan keluarga. Berbahasa jawa jika dengan orang tua kudu sesuai dengan toto kromo-nya. Kudu bisa membedakan kata2 yang digunakan saat bergaul dengan teman, dan saat dengan orang tua. Ada levelnya.. gtu kata orang jawa.

oya satu lagi, Jika ketemu dengan orang tua di yogya kita harus sedikit menganggukkan kepala sebagai pertanda kita menghormati mereka. asal tau saja Prinsip orang jogja, jika anda menghormati kami, maka kami akan lebih menghormati anda. Mudah2 an mulai dari KPMB inilah budaya yogya yang baik ini bisa menular ke Balikpapan. Paling tidak mahasiswa balikpapan yang ada diyogyakarta bisa belajar nilai2 kesopanan, agar bisa lebih ramah, lebih lembut tata bahasanya… dan ketika pulang ke balikpapan dia bia menjadi teladan kesopanan, itulah harapan kami.

Ayo Marilah tinggalkan kata2 kasar seperti ini, sudah saatnya kita lebih dewasa tuk memahami dan membedakan penggunaan kalimat yang sopan, paling tidak mulai dari merubah kebiasaan sepele ini.

dari kpmb yogya atas keprihatinan sesama..

seperti biasa komentar kamu bisa dimasukkan dikolom bawah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s