Upah Minimum Kota Balikpapan Rp 949 Ribu

Begitu dilansir dari situs TEMPO Interaktif,Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan, Kalimantan Timur, meningkat menjadi Rp 949 ribu dari sebelumnya Rp 864 ribu. Kenaikan tersebut disesuaikan dengan penetapan Upah Minimum Provinsi Kalimantan Timur yang naik 19,16 persen menjadi Rp 889 ribu.

“Disesuaikan dengan UMP Kaltim yang telah naik,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Suryo M Darmo, Selasa (12/8).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mengirimkan surat edaran ketentuan UMP yang menjadi Rp 889 ribu dari sebelumnya Rp 725 ribu. Ketentuan tersebut berlaku untuk dilaksanakan seluruh pengusaha di 14 kota/kabupaten setempat.

Suryo mengatakan keputusan besaran UMK tersebut harus dipatuhi seluruh pengusaha Balikpapan. Apalagi, penetapannya dengan melibatkan unsur pengusaha, serikat pekerja, akademis dan pemerintah daerah setempat.

Bagi pengusaha Balikpapan yang sudah telanjur menaikkan upah karyawan melebihi UMK, kata Suryo, harus konsisten serta tidak mengkaji kembali besarannya. Menurutnya, hal tersebut untuk menghindari adanya benturan kepentingan antara pengusaha dan karyawan. “Tidak boleh mereka menurunkan upahnya,” ujarnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s