Penerimaan CPNS PEMPROV KALTIM 2010

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
FORMASI TAHUN 2010

 

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Nomor: B/2718/M.PAN-RB/10/2010 Tanggal 29 Oktober 2010 Perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah

Tahun 2010, dengan ini diumumkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerima Calon Pegawai Negeri

Sipil Daerah (CPNSD) baru formasi tahun 2010











I.
PELAMAR UMUM

A.
PERSYARATAN UMUM

1.
Warga Negara Republik Indonesia;

2.
Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada 1 Januari 2011;

3.
Memiliki pendidikan, kecakapan atau keahlian yang diperlukan;

4.
Sehat jasmani dan rohani;

5.
Berkelakuan baik;

6.
Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Swasta;

7.
Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;

8.
Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri;

9.
Tidak menjadi Pengurus dan/atau anggota Partai Politik;

10.
Memiliki Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/I) dari Departemen Tenaga Kerja;

11.
Bagi pendaftar yang telah memiliki pengalaman kerja melampirkan bukti surat yang dimiliki.

B.
PERSYARATAN KHUSUS

1.
Pelamar berijazah Perguruan Tinggi Negeri / Swasta dan Program Studi yang telah mendapat izin penyelenggaraan dari Dirjen Pendidikan Tinggi;

2.
Memiliki Indeks Prestasi :

a.
Dokter Spesialis dan S.2 minimal 3,00 ( Tiga koma nol )

b.
D.IV, S.1 dan Dokter Umum minimal 2,75 ( Dua koma tujuh puluh lima )

c.
D.III minimal 2,50 ( Dua koma lima nol )

d.
SMK atau sederajat minimal nilai rata-rata Ijazah/STTB 7,00 (Tujuh koma nol)

3.
Pelamar D.IV, S.I, S.2, Dokter umum dan Dokter Spesialis dipersyaratkan untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan TOEFL minimal 400 yang diselenggarakan dari lembaga yang terakreditasi maksimal 2 tahun
sejak tanggal tes TOEFL;

4.
Mampu mengoperasikan komputer program MS Office;

5.
Tanggal penetapan Ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, sedangkan Surat Keterangan atau Pernyataan Lulus tidak diperkenankan;

6.
Melampirkan Surat Pernyataan dengan bermaterai Rp 6000, meliputi:

a.
tidak menuntut Penyesuaian Ijazah selama 6 tahun;

b.
tidak menuntut mutasi/pindah baik mutasi internal dalam Instansi asal maupun mutasi ke SKPD/Instansi lain sebelum 5 (lima) tahun terhitung sejak diangkat menjadi CPNS.

7.
Tidak sedang menjalani pendidikan formal saat ini.

II.
PENDAFTARAN

A.
Berkas pendaftaran harus diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 29 November 2010, dan ditujukan:

KEPADA

YTH. GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR

Cq. KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROV. KALTIM

PO BOX 75001 SAMARINDA

Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya termasuk diantar langsung ke Panitia Pengadaan CPNS Provinsi Kalimantan Timur.

B.
Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi pelamar pada waktu pendaftaran adalah :

1.
Mengisi Biodata pelamar, format dapat diprint melalui web. www.kaltimbkd.info atau dapat diambil di kantor pos terdekat;

2.
Surat lamaran ditulis dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan tinta hitam (Ballpoint) di atas kertas double folio bergaris tanpa materai yang ditujukan kepada Gubernur Kalimantan Timur, format dapat diprint melalui web. www.kaltimbkd.info atau dapat diambil di kantor pos terdekat;

3.
Kelengkapan lamaran :

a.
Foto copy Ijazah dan transkrip nilai :

i.
Universitas/Institut dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik;

ii.
Sekolah Tinggi dilegalisir oleh Ketua/Pembantu Ketua bidang akademik;


iii.
Akademi dan Politeknik dilegalisir oleh Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik;

iv.
SMK atau sederajat dilegalisir oleh Kepala Sekolah.

b.
Pas Photo berwarna ukuran 2 x 3 cm sebanyak 2 (dua) lembar;

c.
Foto copy KTP yang masih berlaku;

d.
Foto copy TOEFL yang telah dilegalisir khusus bagi pelamar D.IV, S.1, S.2, Dokter Umum dan Dokter Spesialis;

e.
Foto copy sertifikat kursus program MS Office bagi pelamar D.III, D.IV, S.1, S.2, Dokter Umum dan Dokter Spesialis (dapat disusulkan pada saat kelulusan);

f.
Pelamar wajib melampirkan amplop balasan ukuran sedang ( ±18 x 28 cm) yang telah diitulis nama dan alamat lengkap peserta serta kode pos untuk surat balasan/pemanggilan ujian (format dapat diprint melalui web. www.kaltimbkd.info atau dapat diambil di kantor pos terdekat);

g.
Biaya kirim untuk setiap berkas lamaran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh PT. Pos.

4.
Permohonan beserta lampirannya dimasukkan kedalam MAP berwarna yaitu :

a.
HIJAU bagi pelamar dengan tingkat pendidikan D.IV, S.1, S.2, Dokter Umum dan Dokter Spesialis

b.
MERAH bagi pelamar dengan tingkat pendidikan D.III

c.
KUNING bagi pelamar dengan tingkat pendidikan SMK atau sederajat

Pada bagian map depan ditulis Nama, Pendidikan, Jabatan yang dilamar, alamat lengkap dan Nomor telepon rumah/HP yang mudah dihubungi.

IV. PELAKSANAAN SELEKSI

A.
SELEKSI TAHAP I

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi tahap pertama akan menerima surat pemanggilan dan nomor tes untuk mengikuti tes tertulis/akademis. Untuk pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi akan diberi surat balasan/pemberitahuan.

B.
SELEKSI TAHAP II

Ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2010, tempat akan ditentukan Panitia kemudian.

Tes yang diujikan adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang meliputi :

1.
Tes Pengetahuan Umum / TPU (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Hankam dan Hukum);

2.
Tes Bakat Skolastik / TBS (Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif dan Kemampuan Penalaran);

3.
Tes Skala Kematangan / TSK (Kemampuan Beradaptasi, Pengendalian Diri, Semangat Berprestasi, Integritas dan Inisiatif).

 

C.
LAIN-LAIN

1.
Panitia Tidak Memungut Biaya Apapun dari peserta;

2.
Keputusan Panitia berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;

3.
Gubernur Kalimantan Timur/Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil tidak mengadakan surat menyurat dan tidak melayani permintaan penjelasan hasil ujian/seleksi;

4.
Dalam seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil ini, penilaian semata-mata didasarkan kepada kecakapan / hasil ujian masing-masing pelamar;

5.
Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali;

6.
Bagi pelamar yang tidak melampirkan kelengkapan sesuai persyaratan yang ditentukan dianggap gugur karena tidak memenuhi syarat (TMS);

7.
Informasi mengenai seleksi pengadaan CPNS 2010 dapat dilihat melalui website BKD : www.kaltimbkd.info

Demikian pengumuman ini dikeluarkan untuk diketahui dan apabila ada kekeliruan dalam pengumuman ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

 
 

Dikeluarkan di : Samarinda
Pada Tanggal: 9 November 2010

 

GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR,

TTD

DR. H. AWANG FAROEK ISHAK

Download :
1. Biodata
2. Contoh Amplop Lamaran
3. Contoh Surat Pernyataan CPNS
4. Contoh Surat Lamaran CPNS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s