Rizal Effendi-Heru Bambang Dilantik 28 Mei

KPUD Balikpapan menetapkan Rizal Effendi-Heru Bambang sebagai pasangan calon terpilih di Pilwali Balikpapan melalui rapat pleno berlangsung di Hotel Gran Senyiur kemarin. Rencananya Rizal-Heru akan dilantik Gubernur Kaltim Awang Faroek atasnama Mendagri menjadi walikota dan wakil walikota Balikpapan periode 2011-2016 di gedung Dome Balikpapan pada 28 Mei mendatang.
“Prosedurnya hasil rekap dan penetapan melalui SK ini kita serahkan ke DPRD Balikpapan. Setelah itu DPRD menyampaikannya ke gubernur dan nantinya diserahkan ke Mendagri untuk meminta SK pelantikan,” ucap Ketua KPUD Balikpapan Gamal Rustamaji usai menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara dan penetepan pasangan calon terpilih berlangsung  pukul 09.30-11.30 Wita kemarin.
Rizal-Heru ditetapkan sebagai calon terpilih setelah memperoleh 129.807 suara dari jumlah DPT 402.794 atau 59,2 persen. Kemudian disusul pasangan calon Syukri-Usman memperoleh 69.348 suara atau 31 persen, pasangan calon Abdul Hakim-Wahidah memperoleh 11.175 suara atau 5,5 persen dan pasangan calon Bambang Edyono-Fahruddin meraih 8.737 suara atau 3,3 persen. Sedangkan jumlah pemilih mencoblos  di TPS  219.067  atau 56 persen, surat suara tak sah 7.734 lembar. Sedangkan jumlah pemilih tak menggunakan hak pilihnya atau golongan putuh (Golput) mencapai 176.645 atau 44 persen.
Penetapan ini dituangkan dalam SK KPUD Balikpapan nomor 13/KPU-BPP-021.436208/III/2011. Sebelum penetapan KPUD terlebih dulu penggelar penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilwali Balikpapan. Hasil ini  seperti sudah diperkirakan banyak orang akan berjalan lancar dan aman tanpa hambatan. Termasuk keberatan dari empat saksi dan Panwas Balikpapan.  Semua saksi dari empat pasangan calon hadir kecuali Bambang Edyono menyetujui hasil rekapilutasi itu dan dituangkan  penetapan rekapitulasi dalam SK KPUD Balikpapan nomor 12/KPU-BPP-021.436208/2011. “Pasangan Rizal-Heru memperoleh suara paling banyak di antara tiga calon lainya sehingga ditetapkan sebagai walikota dan wakil walikota terpilih. KPUD masih menunggu masa sanggah selama tiga hari setelah penetapan ini terkait ada atau tidaknya gugatan ke MK. Kita berharap dan memohon agar hasil Pilwali tak digugat,” kata Gamal dalam rapat pleno tersebut.
Sedangkan Cawali Syukri Wahid menyatakan menerima hasil  ini dengan lapang dada dan tak akan melakukan gugatan ke MK. “Kita terima hasil ini dengan sepenuh hati. Kita pastikan tak gugat ke MK. Karena memang tak ada pelanggaran dilakukan secara masif,” ucapnya.
Cawali Balikpapan terpilih Rizal Effendi bersyukur atas hasil penetapan KPUD ini yang semua berjalan lancar dan tak ada hambatan. Ia mengaku masih menunggu masa sanggah tiga hari dari pasangan calon lainnya yang kemungkinan akan menggugat hasil Pilwali Balikpapan. “Syukur Alhamdulillah tahapan berlangsung baik. Tentunya kita masih tunggu tiga hari masa sanggah mudah-mudahan tak ada halangan. Kita tinggal penetapan dan pelantikan dari Mendgari. Kita mengharagai dan menaruh hormat kepada semua yang terlibat di Pilwali baik KPUD, Panwas, PPK dan semua calon. Kami juga menyampaikan rasa hormat kepada masyarakat dan terimakasih atas dukungannya,” kata Rizal.

Ia juga sangat menghargai pernyataan Syukri Wahid yang tak akan menggugat ke MK. Meski demikian pihaknya tetap menunggu masa sanggah tiga hari  setelah penetapan. “Alhamdullilah kita hargai itu. Semua calon kita hormat. Kita lihatlah nanti karena masih ada waktu tiga hari,” ujarnya.
Menyangkut program ke depan Rizal mengatakan sebagai pasangan calon incumbent maka tak banyak mengalami penyesuaian. “Karena ini sudah masuk anggaran 2011 maka kita harus kerjakan sambil menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM)  dan program prioritas 2012. Kalau 2011 jelas tak bisa diubah karena APBD-nya sudah berjalan. Jadi mohon pengertian masyarakat  kenapa walikota terpilih tak ada program baru,” tuturnya. (din)

sumber : http://www.korankaltim.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s