Mahasiswa KPMB Pertanyakan Dana Operasional

Laporan Wartawan Tribun Kaltim,  Syaiful Syafar

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN — Ratusan mahasiswa yang terhimpun dalam Kerukunan Pelajar Mahasiswa Balikpapan (KPMB) mempertanyakan mandeknya dana operasional organisasi di sejumlah daerah, yang tidak dicairkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) sejak kurun tahun 2012 ini.

Mereka mengaku kesulitan untuk membiayai sejumlah program mengingat minimnya kas organisasi. Akibatnya, sejumlah program KPMB banyak yang tertunda, begitu pula sejumlah sekretariat organisasi yang statusnya masih kontrak terpaksa terabaikan.
 
“Kami heran kenapa dana operasional sampai sekarang belum dicairkan. Padahal kas organisasi kami sudah sangat minim. Apakah kami harus berhutang dan meninggalkan hutang-hutang itu ke pengurus yang akan datang,” ujar Deni, pengurus KPMB Makassar, saat berdialog dengan Walikota Rizal Effendi, Sabtu (25/8/2012) di aula rumah jabatan Walikota.
 
Hal senada juga disampaikan Fauzan, perwakilan pengurus KPMB Jakarta. Menurutnya, saat ini pihaknya sangat kesulitan untuk mendanai sewa sekretariat baru yang berada di Jl Salihara No 19, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Mereka terpaksa mengontrak sekretariat baru lantaran sekretariat lama yang berada di Jl Salihara No 15, telah habis masa kontraknya.

“Dulu sekretariat yang lama dikontrak selama dua tahun, terhitung dari tahun 2010-2012. Untuk biaya sewanya kami dapat bantuan sosial (bansos) dari Pemkot sebesar Rp 135 juta. Tapi setelah itu nggak ada lagi,” ujarnya.

Untuk membiayai sekretariat baru, Fauzan dan rekan-rekannya terpaksa harus merogoh kocek sendiri. “Sewa sekretariat baru itu per bulan biayanya Rp 800 ribu. Itu pun hasil dari dana urunan teman-teman yang lain,” katanya.

Selain KPMB Jakarta, dua sekretariat KPMB lainnya yakni KMPB Bandung dan KPMB Surabaya, juga masih berstatus mengontrak. Sedangkan KPMB Makassar, Samarinda, Malang, dan Jogjakarta kini sudah memiliki sekretariat permanen, yang dibangun dari APBD Kota Balikpapan. (*)

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/08/25/mahasiswa-kpmb-pertanyakan-dana-operasional


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s