Yogyakarta Bangun Bandara Internasional Termodern Di Dunia

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyetujui pilihan lokasi Bandara Internasional Kulonprogo di daerah Palihan, Kecamatan Temon. Posisinya adalah di sebelah barat Kali Serang di antara Pantai Congot dan Pantai Glagah.

Tim konsultan dari PT Angkasa Pura I dan Kementerian Departemen Perhubungan akan segera melakukan studi kelayakan (feasibility study), guna mendapatkan kajian lebih lengkap dan pasti menuju realisasi proyek infrastruktur strategis ini.

Pemprov DIY setuju lokasi bandara internasional pengganti Bandara Adisutjipto ada di Desa Palihan, Temon, Kulonprogo. Lokasi ini dinilai paling ideal dari tiga alternatif yang disodorkan Pemkan Kulonprogo.

Dua lokasi lain ada di Kecamatan Galur dan Kecamatan Panjatan. Di Palihan, areal bandara nanti akan mengambil lahan Pakualaman Ground dari sebelah barat Kali Serang hingga timur Pantai Congot di sisi timur sungai Bogowonto.

Di desa ini lokasi tanah PAG cukup luas dan memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh wilayah Panjatan dan Galur. Akses jalan untuk menuju ke lokasi ini bagus, hanya berjarak sekitar satu kilometer dari jalur Daendels yang menghubungkan kabupaten Kulonprogo dengan Purworejo dan Kulonprogo dengan Bantul.

Selain memiliki akses yang jalan darat yang cukup memadai, wilayah Palihan ini juga dekat dengan Stasiun KA Wates, hanya berkisar 14 kilometer. Sementara untuk sumber air juga dinilai cukup memadai. Dua sungai besar yang mengapit wilayah Paliyan, sungai Serang di wilayah Glagah dan sungai Bogowonto di wilayah Temon memiliki aliran yang cukup besar.

Pemkab Wacanakan Jalur Kereta ke Bandara
Pemkab Kulonprogo mewacanakan pembangunan infrastruktur transportasi ke kawasan calon megaproyek bandara, tambang pasir besi, dan pelabuhan perikanan di pesisir selatan. Rencananya, Pemkab akan membangun jalur kereta mulai dari Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto menuju Kecamatan Panjatan kemudian masuk ke utara menuju ke arah stasiun Kalimenur, Sentolo. Rencana pembuatan jalur kereta ini sudah masuk masterplan 2012. Untuk merealisasikannya, Pemda Kulonprogo akan melakukan pembicaraan dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).(Tribunjogja.com)

News Sorce :
http://jogja.tribunnews.com/2011/08/15/sultan-setuju-bandara-baru-di-palihan-temon-kulonprogo
http://jogja.tribunnews.com/m/index.php/2011/08/17/pemkab-wacanakan-jalur-kereta-ke-bandara


One thought on “Yogyakarta Bangun Bandara Internasional Termodern Di Dunia

  1. Great blog you have here but I was curious about if you knew of
    any community forums that cover the same topics discussed in this article?
    I’d really like to be a part of community where I can get responses from other experienced people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Kudos!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s