Perpustakaan Kota Yogyakarta, Patut dikunjungi!!!

Bagi kalangan mahasiswa/pelajar/masyarakat umum di daerah Yogyakarta yang hobi membaca buku/novel/koran/majalah ataupun ingin mencari referensi ataupun hanya sekedar nongkrong (di Gazebo) bisa mengunjungi Perpustakaan Kota Yogyakarta ini. selain tempatnya nyaman untuk dikunjungi, lokasi perpustakaan ini juga sangat strategis di tengah kota Yogyakarta. Tepatnya di  Jalan Suroto No.9 Kotabaru Yogyakarta (Selatan Toko Gramedia, posisi di barat jalan).
Penulis sendiri sudah beberapa  kali berkunjung ke Perpustakaan Kota ini untuk mencari referensi penelitian ataupun sekedar nongkrong di Gazebo depan. Lumayan lah dapat hotspot gratis dan tempatnya juga sejuk lagi, secara tempatnya berada diluar ruangan. Namun bagi yang ingin mengakses hotspot gratis ini terlebih dahulu  mendaftar di bagian pendaftaran. Tinggal ngisi biodata, nanti sama petugasnya dikasih kertas kecil berisi username dan password. Baru deh kita dapat berselancar gratis. Hehehe. Tambahan juga di Gazebonya juga terdapat kontak listrik untuk mencharge laptop kamu. Tiap gazebo sudah disediakan ada empat colokan kontak listrik, jadi bisa relaks lah hotspot gratis + charge listrik gratis. Hehehe..
 
Bagi para pengunjung Perpustakaan Kota ini yang ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, karena perpustakaan ini juga melayani keanggotaan. Setiap anggota yang telah terdaftar akan dapat meminjam buku untuk dibawa pulang sebanyak dua eksemplar dalam jangka waktu satu minggu.
 
Adapun syarat pendaftaran keanggotaan sebagai berikut:
  • Mengisi formulir Pendaftaran (formulir dapat diambil langsung ke perpustakaan kota atau didownload melalui link di bawah ini)
  • Menyerahkan Pas Photo ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar
  • Meyerahkan 1 lembar fotokopi identitas diri. (KTP-DIY bagi masyarakat umum, Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa bagi pelajar/mahasiswa).
Setelah menjadi anggota, fasilitas yang dapat diperoleh oleh anggota adalah sebagai berikut:
  1. Peminjaman buku sebanyak 2 eksemplar dalam jangka waktu satu minggu.
  2. Layanan internet gratis (tersedia 4 Komputer untuk pengunjung perpustakaan).
  3. Layanan Hotspot atau Wifi Area gratis.
  4. Layanan Perpustakaan Digital Perpustakaan Kota.
Ini Penulis share juga Fasilitas-fasilitas Perpustakaan Kota :
Koleksi referensi
Seperti perpustakaan pada umumnya, perpustakaan kota Yogyakarta juga terdapat layanan koleksi referensi. Karena keterbatasan tempat, referensi dilayani di lantai II, berbagi dengan ruang pertemuan dan ruang PC Internet, sehingga dari segi kenyamanan belumlah optimal. Koleksi referensi hanya dapat dibaca di tempat, namun apabila pemustaka menghendaki memfotokopi, maka dapat dipinjam selama maksimal 24 jam dengan jaminan SIM asli.
 
·    Koleksi sirkulasi
Sebagaimana Perpustakaan pada umumnya, layanan sirkulasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta dibuka sesuai dengan jam kunjung perpustakaan. Layanan ini hanya untuk yang sudah tercatat sebagai anggota perpustakaan, pada setiap transaksinya, pemustaka dapat meminjam maksimal 2 buah buku dengan jangka waktu 7 hari.
Adapun jumlah koleksi bahan pustaka adalah sebagai berikut:
No. Klarifikasi
Golongan
Jumlah Judul
Eksemplar
000 – 099
Karya Umum
299
499
100 – 199
Filsafat
429
817
200 – 299
Agama
1132
2558
300 – 099
Ilmu Sosial
2128
3988
400 – 499
Bahasa
318
557
500 – 599
Ilmu Murni
500
1068
600 – 699
Ilmu Terapan
1483
3191
700 – 799
Kesenian & Olahraga
523
1083
800 – 899
Kesustraan
1345
2786
900 – 999
Sejarah & Geografi
361
612
Jumlah
8518
17159
 
·    Digital library
Layanan ini dapat diakses oleh seluruh anggota perpustakaan kota Yogyakarta, dengan menggunakan username dan password nomor anggota perpustakaan. Namun untuk sementara, layanan ini hanya dapat diakses secara lokal di lingkungan perpustakaan. Adapun alamat perpustakaan digital adalah: digit.perpuskota
 
·    Wifi area
Perpustakaan Kota Yogyakarta melengkapi fasilitas bagi pengunjung dengan wifi area yang dapat diakses secara gratis. Cukup dengan mendaftar pada petugas FO, maka pengunjung akan mendapatkan username dan password untuk dapat menikmati layanan ini selama 3 jam. 
 
·    Internet PC area
Saat ini Perpustakaan Kota Yogyakarta baru dapat menyediakan 4 buah PC yang dapat digunakan untuk internet yang terdapat di lantai II. Adapun prosedur penggunaannya cukup dengan mendaftarkan diri/mengisi buku pelayanan internet. Karena keterbatasan PC dan banyaknya pemustaka yang memanfaatkan layanan ini, waktu yang diberikan untuk mengakses internet dibatasi hanya satu jam untuk satu kali mendaftar.
 
·    Ruang baca anak
Di sediakan juga ruang yang di desain khusus untuk Anak-anak agar mereka merasa nyaman dan betah untuk belajar dengan buku-buku yang mereka suka.
 
·    Ruang audio visual
Ruang Audio visual di pakai untuk menampilkan sesuatu dengan metode visualisasi.
 
·    Ruang pertemuan
Di pakai jika ada suatu pertemuan. Bagi pengunjung juga diperkenankan untuk memakai ruangan ini. Namun jauh-jauh hari sudah confirm dan booking sama pihak perpustakaan kota terlebih dahulu. 
 
·    Mushola
Terdapat juga Mushola untuk memudahkan para pengunjung dan Pegawai dalam melaksanakan ibadah..
 
·    Gazebo
Gazebo adalah tempat yang nyaman dan sangat cocok untuk berdiskusi, berhotspotan karena disini sangat sejuk dengan sirkulasi udara yang lancar.
 
Sumber: perpustakaan.jogjakota.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s