Yogya Segera Gelar Pasar Malam Adat Sekaten

“Harapan kita Sekaten tetap mengutamakan pelestarian budaya. Jangan terlalu mengarah pada masalah yang berkaitan dengan dagang. Semuanya mesti ke arah pelestarian budaya seperti awal tradisi ini dimulai,” kata dia.

Yogyakarta, Aktual.co — Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun Jumakir  1946/2013 Masehi tidak lama lagi digelar di Yogyakarta dengan bertempat di Alun-Alun Utara atau sebelah selatan Keraton Yogyakarta.

Rencananya Sekaten akan diselenggarakan tanggal 21 Desember 2012 hingga 24 Januari 2013. Untuk mendukung pelaksanaannya, beberapa kegiatan telah dilakukan panitia yang merupakan gabungan dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan Keraton Yogyakarta.

Kegaitan itu diantaranya berziarah ke makam para Raja Mataram di Kotagede dan Imogiri Yogyakarta serta pemancangan pathok sebagai tanda dimulainya pembangunan sarana prasarana pasar Sekten di Alun – Alun Utara Yogyakarta.

Pemancangan pathok sendiri telah dilakukan jajaran pemerintah Kota Yogyakarta dan Romo Tirun sebagai perwakilan dari Kerabat Keraton Yoyakarta, Kamis (15/11).

Kerabat Keraton Yogyakarta KRT. H. Jatiningrat atau dikenal dengan Romo Tirun Marwito Jumat (16/11) berharap pelaksanaan pasar tradisi Sekaten tahun ini tetap mengutamakan sisi budayanya dibanding aspek perekonomiannya.

“Harapan kita Sekaten tetap mengutamakan pelestarian budaya. Jangan terlalu mengarah pada masalah yang berkaitan dengan dagang. Semuanya mesti ke arah pelestarian budaya seperti awal tradisi ini dimulai,” kata dia.

Sebab, kata dia, istimewanya Daerah Istimewa Yogyakarta terletak pada budaya. Romo Tirun pun berharap acara-acara yang dipentaskan dapat melibatkan  anak-anak, dengan harapan generasi muda sejak dini mengetahui ada tradisi Sekaten yang digelar dalam peringatan hari lahirnya nabi Muhmmad SAW.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyatakan bahwa aspek kebudayaan akan lebih mewarnai pelaksanaan pasar Sekaten tahun ini. Menurutnya unsur kebudayaan ini akan terlihat pada konten yang disajikan dan juga tema yang diusung.

Ditambahkan,  untuk menyuguhkan suasana budaya yang kental kepada masyarakat khususnya pada saat Sekaten dimana akan ditabuh dua buah perangkat gamelan, panitia akan bekerjasama dengan radio untuk menyiarkan secara lansung alunan bunyi gending hingga ke kawasan Malioboro.  Harapannya masyarakat dapat lebih memahami hakekat perayaan Sekaten itu sendiri.

Epung Saepudin –

Sumber : http://www.aktual.co/sosial/195829yogya-segera-gelar-pasar-malam-adat-sekaten-


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s